--> Skip to main content

Begini Cara Membeli Smartphone Seken di Grup Jual Beli Facebook yang Aman dan Bebas Penipuan

tips beli hp bekas
Begini Cara Membeli Smartphone Seken di Grup Jual Beli Facebook yang Aman dan Bebas Penipuan - Selamat sore teman2. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara pengecekan HP ketika cod. Karena begitu banyaknya pembeli yang tidak tahu bagaimana mengecek HP dengan benar.

Luangkan waktu anda sekitar 30 menit atau hingga 1 jam ketika cod untuk pengecekan barang. Jangan terlalu buru2 karena nanti anda akan menyesal ketika mengetahui ternyata HP yang anda beli ada minusnya.

Ada beberapa merk HP pengecekan nya gak begitu sulit karena sudah ada program bawaan untuk pengecekan hpnya seperti Samsung, Xiaomi, dan Asus (jika teman2 tahu cara cek selain 3 merk tsb bisa di share d sini jg).

Untuk HP merk Samsung anda bisa telpon *#0*# nanti anda akan d bawa ke menu pengecekkan HP.
Untuk HP merk Asus anda bisa membuka kolom kalkulator kemudian tekan .12345+= kemudian pilih menu single test. Untuk HP merk Xiaomi anda bisa masuk ke menu settingan-tentang ponsel, kemudian tekan menu versi kernel sebanyak 5x untuk masuk ke menu pengecekkan HP.

Nah bagaimana dengan merk selain yang diatas? Biasanya selain ketiga merk tersebut, saya melakukan cek manual. Untuk pengecekan manual saya biasanya:

- Cek LCD, untuk cek lcd saya biasanya membuka menu memo atau apapun yang berwarna dasar putih, kemudian menaikkan cahaya layar HP ke posisi full untuk melihat apakah lcd ada bintik putih, berbayang, atau sudah pernah diganti dengan salah satu tandanya ada cahaya keluar dari pinggiran HP yang menandakan lcd sudah tidak rapat/pernah diganti.

- Cek Touchscreen, untuk cek touchscreen saya biasanya memainkan tampilan aplikasi pada menu utama. Caranya tahan saja salah satu aplikasi (seperti cara kita ketika mau menghapus aplikasi), kemudian main aplikasi tsb ke seluruh layar, jika ada tersendat2 kemungkinan ada masalah di touchscreen nya.

- Cek WiFi dan Bluetooth. Ini wajib, karena ada beberapa HP ketika d reset pabrik memerlukan penggunaan WiFi.

- Cek kamera depan dan belakang. Disini yg saya cek bukan kameranya jernih atau tidak, tp yang saya cek apakah kamera ada jamur atau berbintik, dan juga saya ngecek auto fokus dari kamera dengan cara memotret benda dari jarak dekat.

- Cek rekam video dari kamera depan dan kamera belakang. Tujuan rekam video untuk mengecek mic dan juga speaker untuk video call apakah aman atau tidak.

- Cek rekam suara melalui menu perekam, tujuannya untuk mengecek mic nelpon.

- Untuk HP yang sudah ada fingerprint bisa di tes langsung fingerprint nya berfungsi atau tidak.

- Masukkan kartu paket atau kartu nelpon anda untuk memastikan HP tidak ada permasalahan di pembacaan kartu. Untuk beberapakali kasus HP seperti iPhone 5g dan Xiaomi seri Redmi 3 (Redmi 3, 3s, 3pro, note 3, note 3pro) bisa langsung d cek jaringan 4G nya, karena bisa saja HP tsb tidak membaca jaringan 4G karena beberapa hal seperti upgrade MIUI pada seri Redmi 3 atau iPhone 5g versi Kanada yang frekuensi 4Gnya berbeda dengan Indonesia.

- Tes nelpon untuk memastikan mic dan speker nelpon aman.

- Untuk pengecekan baterai bisa dengan cara membuka kamera terus coba jepret 10x menggunakan flash. Jika baterai hanya berkurang 1 atau 2 persen berarti baterai normal. Jika baterai drop 20 persen atau HP mati, ada kemungkinan baterai bermasalah.

Untuk proses membawa dan mengirim HP pun menurut saya ada caranya. Sebaiknya HP jangan d masukin kedalam kotaknya, karena keseringan cara kita yang asal-asalan menggulung kabel cas dan headset membuat tidak pasnya posisi HP dalam kotak, sehingga layar HP langsung menerima tekanan dari penutup kotak, hal ini bisa beresiko terjadinya kerusakan lcd dll.

Saya selalu mengingat kan kostumer saya agar tidak memasukkan HP yg d beli kedalam kotak, tp sebaiknya masukkan dalam tas atau dalam saku celana. Karena kebanyakan orang saya lihat HP dimasukin ke kotak terus dimasukin ke dalam jok motor, bisa saja selama perjalanan kondisi HP dalam jok motor terbanting2 karena Medan perjalanan yang berat.

Untuk pengiriman keluar kota pun saya biasanya memisahkan HP dan kotaknya. HP saya bungkus ulang' dalam kotak kecil dengan dilapisi plastik buble atau plastik biasa, karena resiko terbanting ketika pengiriman keluar kota sangat tinggi.

Demikian pengalaman saya dalam pengecekkan dan pengiriman HP. Semoga bermanfaat untuk teman2 semua. Jika ada tambahan bisa share pengalaman teman2 di kolom komentar. Selamat melanjutkan aktifitas jual beli Anda. Dan selalu berhati-hati dalam jual beli online.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar