--> Skip to main content

Bagaimana Membuat Liburan Hemat, Nggak Bikin Kantong Bolong?


Liburan hemat, murah, sehat kantong, tidak mahal


Bagaimana Membuat Liburan Hemat, Nggak Bikin Kantong Bolong?

Assalamualaikum! Welcome back at my blog! Mungkin bagi para adik-adik yang sudah kelar Ujian Nasional-nya, tengah mengalami siklus yang satu ini, Liburan! Yap, liburan setelah
Ujian Nasional terkadang bisa sangat membosankan, buat sobat yang tidak ada kegiatan. Bukan hanya bagi para sobat yang selesai Ujian Nasional lho, tetapi juga mungkin hampir dari kita pernah mengalami hal yang serupa.

Tips Liburan Hemat, Kantong Sehat | Tips Bagaimana Liburan Hemat Ala Kantong Sehat | Tips Trik Liburan Hemat, Selamatkan  Kantong | Cara Liburan Hemat, Menjadikan Kantong Sehat | Tips Trik Liburan Hemat, Tidak Buat Kantong  Bolong | Rahasia Liburan, Efektif, Efisien, Hemat Buat Kantong Sehat | Tips Liburan Hemat Bikin Kantong Sehat | Tips Liburan Hemat Agar Kantong Sehat | Tips Liburan Hemat, Efektif, Efisien Supaya Kantong Sehat

Tips Liburan Hemat  - Oke, tapi masalahnya kita bukan membahas bagaimana mengisi hari libur, tetapi anggap saja sobat telah mendapatkan jadwal kegiatan pada liburan nanti. Dan ketika sudah begitu, biasanya yang menjadi pilihan utama kita adalah jalan-jalan atau mengunjungi obyek wisata, yang tentunya banyak menguras isi dompet. Pada akhirnya, kita akan menjalani liburan yang boros, dan menghabiskan banyak duit. Wah, gawat dong?!

Tapi tenang, sobat! Oke, sebagai sumber referensi, makanya postingan Tips Liburan Hemat dibuat. Oke, kita langsung saja pada poin pertama.

1. Pilih Transportasi Tepat Sasaran
Memilih transportasi yang tepat sasaran maksudnya disini adalah menyesuaikan kebutuhan kita terhadap jenis transportasi dengan jarak dan tempat yang akan dituju. Sebagai contoh, si Folan pengennya liburan ke luar negeri, tapi dia ngotot liburan pake motor bututnya (nggak mikir kali ya?)

Tapi itu hanya contoh kecil saja. Disarankan sobat lebih memilih mode transportasi umum saja. Selain murah, trasportasi umum seperti bus lebih memberikan tempat bagi barang-barang bawaan kita. Kita juga telah membantu menghemat energi dari pemakaian BBM.

2. Bawa Perlengkapan Seperlunya
Sebagai saran, dilarang membawa barang-barang yang banyak dan yang kurang perlu. Ini bisa saja menjadikan kita susah untuk bergerak leluasa selama liburan. Jadi, bawalah barang sesuai kebutuhan sobat saja.

3. Penginapan
Bagi sobat yang berlibur diluar kota atau luar negeri, penginapan menjadi hal yang mutlak perlu. Usahakan memilih penginapan yang tidak terlalu mahal, tetapi juga harus mengedepankan aspek kenyamanan. Sebelum memutuskan memilih penginapan, sobat bisa survey dulu penginapan mana yang cocok dengan biaya liburan.

Yang perlu diingat, berlibur bukan untuk tidur, akan tetapi fokus terhadap liburan. Jika memiliki keluarga atau kenalan di tempat tujuan liburan, manfaatkanlah fasilitas yang mereka tawarkan.  Yang pasti sobat juga harus meminta ijin terlebih dahulu.

Selain menghemat biaya penginapan, sobat bisa mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang pas dan sesuai keinginan. Jika memang tidak ada, pilih hotel dengan bangunan kecil, atau villa jika jumlah orang yang berlibur melebihi lima orang.

4. Jangan Berlibur Saat Musim Liburan
Kelihatannya rancu.  Tapi memang benar, pada musim liburan, yang namanya macam-macam tarif di tempat-tempat wisata bisa melonjak seratus persen. Nah, untuk menghindari ini, sobat mungkin bisa mendatangi tempat tujuan liburan dua hari atau tiga hari sebelumnya. Kalau memang sobat hanya punya waktu liburan pada waktu-waktu tersebut. Dengan begitu, sobat bisa menghindari puncak liburan, yang ditandai dengan naiknya ongkos tranportasi umum.

5. Manfaatkan Paket Wisata
Jika sobat merencanakan berlibur bersama keluarga, bisa mengikuti paket wisata. Cobalah untuk mencari paket liburan karena akan memangkas biaya liburan kita, termasuk ongkos perjalanan, penginapan, dan tempat wisata.
6. Biaya Makan
Jika sobat melakukan liburan di darat, penulis rekomendasikan untuk membawa bekal dari rumah. Jangan kaget biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat dibanding makan di pinggir jalan. Kalaupun lupa membawa bekal, sobat bisa mencari rumah makan yang harganya miring.

7. Lupakan Membeli Souvenir
Ada yang bilang, liburan tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh! Tapi itu bagi yang punya biaya lebih ketika berlibur.  Coba abaikan kebiasaan membeli souvenir, yang bisa menguras isi dompet sobat. Coba nikmati  saja perjalanan liburan sobat tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli souvenir.

Bila memang dianggap butuh, coba pilah-pilah souvenir yang memang dibutuhkan atau memiliki nilai mutu. Seperti sebelumnya, jangan mudah terpedaya oleh penjaja-penjaja souvenir. Coba survey semua penjual souvenir. Dengan begitu, sobat bisa membeli souvenir yang terbaik, termurah, dan cocok dihati. Silahkan sobat kasih komentar setelah ini.

Nah, sekian dulu postingan mengenai Bagaimana Membuat Liburan Hemat, Nggak BikinKantong Bolong. Bila sobat hendak berbagi, atau menambahkan pengalamannya, silahkan menulis dikotak komentar. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan sobat. Have a nice day! Ditunggu komentarnya ya…

Download Googlemaps disini!

Liburan hemat, murah, sehat dikantong 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar