--> Skip to main content

Tips Kompor Gas Awet Muda



Tips Kompor Gas Awet Muda

kompor gas awet mudaAssalamualaikum, sob! Semangat menulis postingan kali ini sungguh luar biasa. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan menulis tip sederhana buat sobat yang sering mengeluh tentang masalah kompor gasnya. Dan kali ini, saya akan berbagi sedikit tips mengenai kompor  gas awet muda.


kompor gas awet muda


             Seiring dengan kebijakan pemerintah yang mengkonversikan bahan bakar dari minyak tanah ke gas, membuat kompor gas mau tidak mau menempati dapur-dapur kita. Adakalanya, kita sering melihat di media seperti televise tentang maraknya kebakaran akibat gas meledak. Boro-boro persoalan keamanan, masalah lain muncul dengan rencana pemerintah yang akan menaikkan harga gas. So, kita tidak akan mengulas permasalahan pengik itu. Kita akan mengulas tentang yang sedikit lebih berguna, khususnya tentang tips perawatan kompor gas.


             Memasak makanan tentunya menjadi kegemaran tersendiri bagi sebagian kalangan. Terutama bagi ibu-ibu. Tetapi, akankah kegiatan masak-memasak menjadi begitu menyenangkan begitu melihat kompor gas sobat yang kotor dan dipenuhi plak bekas masakan? Tentu tidak. Selain itu, fakta tersebut semakin diperparah dengan terkontaminasinya makanan kita akibat kompor gas yang tidak terawat.

kompor gas awet muda             Kompor gas yang kotor, tidak lain disebabkan karena bekas cipratan dari minyak dan akumulasi sisa-sisa dari masakan, yang menempel dan menimpulkan plak yang sulit untuk dibersihkan. Selain itu, sering juga kita kejatuhan makanan dan menempel di bagian kompor gas. Dan itu turut memperparah terjadinya plak.

             Kita bisa membersihkan kompor gas dengan kain basah. Bisa juga dengan spons dengan air sabun yang memiliki tingkat pembersih medium, sehingga tidak merusak bagian pelapis kompor gas. Caranya, usapkan spons yang telah diberi sabun ke permukaan kompor gas, gosok hingga bersih. Setelah itu, bisa menggunakan kain lap bersih yang sudah kering.

             Kekurangannya adalah tidak bisa maksimal dalam membersihkan sela-sela kompor gas yang sulit dijangkau. Maka dari itu, sebagai alternative, bisa digunakan sikat kecil, misalnya sikat gigi untuk mencapai hasil yang maksimal.

             Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis masakan. Jenis masakan yang paling susah untuk dibersihkan adalah yang mengandung lemak, seperti santan, rendang, sambal, dan sesuatu yang pekat. Selain dapat menimbulkan plak, lemak juga dapat mempercepat korosi. Tentu saja, sobat harus lebih berhati-hati dalam memasak jenis masakan yang satu ini.

             Terakhir, pada bagian burner atau tempat keluarnya api, menjadi bagian dari kompor gas yang paling cepat rusak. Sobat bisa membersihkan lubang-lubang burner dengan sikat, agar keluaran api bisa maksimal. Sehingga kompor gas bisa menghasilkan panas yang optimal. Penting sekali untuk memperhatikan warna keluaran api. Apabila warna api merah, berarti terdapat masalah, yang artinya lubang burner tersumbat dan butuh segera untuk dibersihkan.

             Setelah berbagi sedikit tips, mudah-mudahan sobat bisa bermasak ria di dapur tanpa ada masalah lagi. Tentunya sobat juga harus rutin menjaga kebersihan dari kompor gas. Sekian tips mengenai kompor gas awet muda. Have a nice day, and wassalam!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar