--> Skip to main content

Download Baru Lengkap Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan PTK SD Gratis

Download Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SD
Download Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SD

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.
 
Pengembangan silabus  sendiri dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.

Sedangkan RPP, atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Download Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SD
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. 
Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.

Program semester atau Prosem adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Program tahunan atau Prota adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa

Penelitian Tindakan Kelas atau PTK adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas


Berikut sobat dapat mendownload Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK untuk tingkat Sekolah Dasar (SD/MI)

Silabus Berkarakter Kelas I Untuk Semester I
Silabus Berkarakter Kelas I Untuk Semester II

Silabus Berkarakter Kelas II Untuk Semester I
Silabus Berkarakter Kelas II Untuk Semester II
 
Silabus Berkarakter Kelas III Untuk Semester I
Silabus Berkarakter Kelas III Untuk Semester II






Silabus Berkarakter Kelas IV Untuk Semester I
Silabus Berkarakter Kelas IV Untuk Semester II
 
Silabus Berkarakter Kelas V Untuk Semester I
Silabus Berkarakter Kelas V Untuk Semester II


Silabus Berkarakter Kelas VI  Untuk Semester I
Silabus Berkarakter Kelas VI Untuk Semester II

RPP Berkarakter Kelas I  Untuk Semester I
RPP Berkarakter Kelas I  Untuk Semester II

RPP Berkarakter Kelas II  Untuk Semester I
RPP Berkarakter Kelas II  Untuk Semester II

RPP Berkarakter Kelas III  Untuk Semester I
RPP Berkarakter Kelas III  Untuk Semester II

RPP Berkarakter Kelas IV Untuk Semester I
RPP Berkarakter Kelas IV  Untuk Semester II
RPP Berkarakter Kelas V Untuk Semester I
RPP Berkarakter Kelas V Untuk Semester II

RPP Berkarakter Kelas VI Untuk Semester I
RPP Berkarakter Kelas VI Untuk Semester II

Kalender Akademik 2013/2014

Program Semester Kelas I  Untuk Semester I & II
Program Semester Kelas II Untuk Semester I & II
Program Semester Kelas III Untuk Semester I & II
Program Semester Kelas IV Untuk Semester I & II
Program Semester Kelas V Untuk Semester I & II
Program Semester Kelas VI Untuk Semester I & II
Program Tahunan Kelas I
Program Tahunan Kelas II
Program Tahunan Kelas III
Program Tahunan Kelas IV
Program Tahunan Kelas V
Program Tahunan Kelas VI
Penelitian Tindakan Kelas   
Download Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SD

Download Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SDDownload Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SDDownload Paling Lengkap Gratis Terbaru Silabus, RPP, Prosem, Prota, Kalender Pendidikan, dan  PTK dari SD


 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar